Manfaat Outbound Sekolah untuk pembentukan karakter anak usia dini - Travelklok Outbound Murah - Tour Wisata | Makassar | Malino | Toraja | Pantai Bira

Manfaat Outbound Sekolah untuk pembentukan karakter anak usia dini

Dengan outbound mengajarkan anak bagaimana melatih sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat dan mendorong si anak aktif dalam kegiatan...

Dengan outbound mengajarkan anak bagaimana melatih sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat dan mendorong si anak aktif dalam kegiatan bermasyarakat. ... Mengembangkan karakter anak sejak usia dini dan membangun kualitas kemampuan anak untuk menjadi lebih baik lagi.

Manfaat Outbound Sekolah untuk Pembentukan Karakter Anak

Outbound memiliki manfaat yang cukup banyak untuk anak usia sekolah. Dengan melakukan aktivitas ini mereka tidak hanya akan menikmati kegiatan yang seru, tapi juga beberapa hal di bawah ini.

1.       Melatih Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah sesuatu yang langka dimiliki oleh anak-anak. Bahkan, saking langkanya, anak selalu malu dan takut kalau diminta melakukan sesuatu. Saat kegiatan outbound sekolah dilakukan anak akan banyak diminta mewakili timnya untuk melakukan permainan edukasi. Mau tidak mau mereka harus berani dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Dengan membiasakan anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mereka tidak akan pernah takut lagi. Misal saat kembali ke sekolah anak jadi lebih berani saat diminta maju ke depan kelas atau sejenisnya. Rasa percaya diri ini juga akan melekat dengan karakternya dan membuat mereka bisa sukses di masa depan.

2.       Membiasakan Kerja Sama

Menjadi mandiri memang harus ditekankan pada anak. Namun, menjalin kerja sama dengan orang lain juga bukan kesalahan. Pada dasarnya anak juga makhluk sosial yang harus menjalin kerja sama dengan banyak orang. Dengan kerja sama ini anak bisa melakukan berbagai hal dengan cepat dan telat.

Dalam kegiatan outbound ada banyak sekali permainan yang mementingkan kerja sama. Tanpa kerja sama yang baik, permainan tidak akan bisa selesai dengan baik. Bahkan bisa menjadi kacau sejak awal.

Saat sekolah kadang anak sudah memiliki kelompok tertentu. Nah, saat kegiatan outbound. Kelompok akan dibagi-bagi lagi menjadi lebih acak sehingga anak bisa bekerja sama dengan banyak orang.

3.       Melatih Komunikasi

Dalam kerja sama apa yang paling dibutuhkan oleh anak? Ya, benar sekali, komunikasi yang baik. Kalau komunikasi yang baik tidak bisa dilakukan, anak tidak akan bisa melakukan kerja sama. Kegiatan outbound akan membuat anak mampu berkomunikasi dengan baik dan bisa dimengerti dengan sempurna oleh teman satu kelompoknya.

Selama ini anak-anak hanya tahu bagaimana cara belajar dan mendapat nilai yang baik. Namun, mereka tidak tahu bagaimana cara melakukan komunikasi yang baik. Dalam dunia nyata setelah sekolah usai, komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan sewaktu-waktu.

4.       Terhindar dari Kecanduan Gadget

Kemajuan teknologi memang sangat memudahkan banyak hal termasuk untuk anak. Namun, banyak hal negatif dari gadget yang membuat anak akhirnya kecanduan. Kalau sudah memegang ponsel atau laptop mereka jadi malas belajar. Apalagi kalau anak sampai kecanduan game online. Waktunya akan habis dengan gadget dan waktu belajar jadi habis.

Dengan melakukan kegiatan outbound, anak akan terbiasa tidak menggunakan ponsel dan gadget yang lain. Selama di tempat outbound mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama-sama dengan temannya. Dengan membiasakan anak tidak terlalu lengket dengan ponselnya, kemungkinan terjadi kecanduan akan kecil. Anak akan lebih suka berkomunikasi dengan teman secara langsung daripada asyik dengan dirinya sendiri.

5.       Menumbuhkan Sifat Kepemimpinan

Salah satu fungsi dari kegiatan outbound adalah character building. Nah, karakter yang paling sering dibangun dalam kegiatan ini adalah menumbuhkan jiwa kepemimpinan atau leadership. Beberapa permainan dalam kegiatan outbound harus dilakukan secara berkelompok dan di dalamnya ada pemimpin dan juga anggota. Mau tidak mau harus ada pemimpin yang terbentuk.

Dalam kegiatan lagi biasanya pemimpin akan diganti. Jadi semua orang bisa merasakan leadership sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dengan kemampuan memimpin ini akan tahu bagaimana susahnya menjadi pemimpin sehingga mereka akan siap jika diminta. Selain itu mereka juga tahu bagaimana bersikap pada pemimpin agar kelompok yang dimiliki tidak terjadi perselisihan atau sejenisnya.

6.       Lebih Menghargai Alam

Bukan rahasia lagi kalau seiring dengan berjalannya waktu, alam Indonesia mulai mengalami kerusakan yang parah. Penebangan hutan, kebakaran, hingga pencemaran membuat alam jadi kacau. Dengan melakukan kegiatan outbound ini anak akan diajarkan bagaimana lebih menghargai alam dan seisinya dengan baik. Mereka juga akan belajar bagaimana menjaganya dengan baik.

Outbound selalu diadakan di kawasan yang menyatu dengan alam. Jadi, selain membentuk karakter anak dalam hal dunia sosial, mereka juga harus diajarkan bagaimana cara mencintai ciptaan Tuhan. Kelak saat sudah kembali ke sekolah dan rumah mereka akan memiliki kesadaran itu, misal dengan tidak membuang sampah sembarangan.

7.       Menjadi Lebih Disiplin dan Tanggung Jawab

Saat berada di rumah, anak biasanya malas dan tidak memiliki rasa disiplin tinggi. Misal mandi di pagi hari harus dipaksa, dibangunkan, dan segala drama pagi hari lainnya. Hal ini tentu menurunkan rasa tanggung jawab mereka terhadap dirinya sendiri.

Saat mengikuti outbound, anak akan terbiasa bangun dengan sendirinya. Menyiapkan apa pun seorang diri hingga akhirnya terbiasa mandiri dan bertanggung jawab dengan dirinya sendiri.

8.       Anak Terpacu untuk Kreatif

Melakukan kegiatan outbound akan memacu anak untuk menjadi kreatif. Ada banyak kegiatan di acara ini yang membuat anak jadi bisa melakukan apa pun termasuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Lambat laun anak akan menjadi kreatif dengan sendirinya dan terbawa sampai kembali ke sekolah.

Karakter kreatif ini membuat anak bisa bertahan dengan kehidupan sekolahnya. Kalau hal ini terus dikembangkan, kelak di masa depan, anak akan lebih mampu menghadapi dunia kerja dan kehidupan dewasanya dengan sempurna. Karakter kreatif yang mampu memecahkan masalah akan membantu dirinya untuk hidup lebih baik.

9.       Menumbuhkan Rasa Peduli

Pada dasarnya anak memang memiliki ego yang tinggi. Mau tidak mau apa yang diinginkan harus tercapai. Hal ini sebenarnya wajar, meski saat sudah dewasa anak tidak bisa melakukannya lagi. Mereka tidak boleh memikirkan dirinya sendiri lagi. Apalagi kalau sudah berada di dalam sebuah kelompok.

Dengan melakukan kegiatan outbound, anak akan terbiasa untuk peduli dengan sesama. Misal dengan teman satu kelompoknya sehingga kerja sama bisa berjalan dengan lancar. Kelak saat sudah kembali ke sekolah, anak juga lebih peduli dengan orang di sekitarnya. Karakter ini akan membuat anak menjadi pribadi yang baik.

10.    Anak Lebih Mandiri

Kemandirian adalah salah satu karakter yang wajib dimiliki oleh anak-anak. Dengan kemandirian yang tinggi, mereka akan terbiasa melakukan apa pun tanpa bantuan. Anak akan terbiasa menyelesaikan masalahnya sendiri dan akan terbiasa hingga terbawa saat mereka nantinya pulang ke rumah dan kembali ke sekolah.

Selama ini anak jarang sekali diajarkan kemandirian apalagi di rumah. Apa saja akan bergantung dengan orang tua. Saat melakukan aktivitas outbound sekolah, mereka mau tidak mau harus menjadi mandiri dan menyelesaikan semua kewajibannya sendiri tanpa bantuan.


Manfaat Outbound Training Untuk Anak Usia Dini

Seperti yang kita ketahui outbound adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang baik di dalam (indoor) atau di luar (outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (outbound games) yang dilakukan secara individu maupun berkelompok dengan tujuan mengisi waktu liburan atau refreshing selain itu outbound juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kekompakan dalam team (team building) dan kebersamaan.

Banyak sekali jasa provider outbound atau eo outbound training yang menawarkan jasa nya selama ini. Tidak hanya untuk karyawan dan mahasiswa, mereka juga menawarkan jasa outbound untuk anak – anak bahkan usia dini sekalipun. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan atau leadership maupun kemandirian anak saat menginjak usia remaja nanti. Namun kegiatan outbound dengan tujuan yang sama dengan outbound training bagi karyawan ini dikembangkan dengan metode atau cara yang berbeda untuk anak anak khususnya, seperti outbound yang di desain ala militer, hal tersebut sangat menarik dan menantang untuk menguji kemampuan dan stamina anak – anak.

Anak-anak mempunyai sifat ingin tahu yang tinggi, sehingga hal yang baru seperti outbound mereka sangat meyukainya. Mereka dapat bermain sesuka hati karena di outbound anak dini banyak sekali game-game outbound yang menyenangkan tetapi mereka bermain game outbound yang mempunyai tujuan yang mendidik.

 


Manfaat – manfaat outbound sendiri untuk anak antara lain :

  • Untuk mengetahui seberapa kuat kemampuan anak
  • Dengan outbound mengajarkan anak bagaimana melatih sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat dan mendorong si anak aktif dalam kegiatan bermasyarakat
  • Memberikan pelajaran bagaimana memahami pendapat dan perbedaan dari orang lain dan dalam memecahkan masalah secara kelompok 
  • Menumbuhkan kemampuan komunikasi yang baik dengan oranglain
  • Melatih kemandirian dan kepemimpinan atau leadership dalam suatu kelompok
  • Melatih kreativitas anak melalui permainan permainan yang ada dalam outbound tarining tersebut
  • Mengembangkan karakter anak sejak usia dini dan membangun kualitas kemampuan anak untuk menjadi lebih baik lagi
  • Melihat kegiatan outbound yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak maka Tidak ada salahnya untuk kita para keluarga mengajak anggota keluarga liburan ketempat yang menyediakan jasa outbound atau paling tidak para orang tua memberi ijin kepada putra putrinya untuk mengikuti kegiatan outbound baik yang diselenggarakan pihak sekolah atau lembaga lain
  • Memberdayakan kemampuan syraraf motorik pada anak
  • Mengembangkan daya imajinasi anak seperti saat game perang/paint ball karena mereka merasakan sensasi perang seperti video game
  • Melatih anak-anak untuk melakukan perencanaan dasar seperti strategi perang
  • Mengajarkan anak-anak mencari jawaban atas masalah (problem solving) yang mereka hadapi saat bermain game-game outbound

Diatas merupakan manfaat – manfaat outbound untuk anak usia dini, diambil dari berbagai sumber dan pengalaman dalam outbound.


Eo Kallebos adalah sebuah Perusahaan yang begerak dalam bidang Jasa Event Organizer Outbound Training, Gathering dan City Tour di Makassar - Bali - Bandung Untuk Info Lebih Lanjut di : MAKASSAR 085792931529 BANDUNG 0813 2164 0638 BALI ( TOUR ) 08152938 7691

_______________________________________________________

outbound makassaroutbound malino,paket outbound makassar, jasa outbound makassar, tempat family gathering di makassar,eo outbound makassar,lokasi outbound makassar,wisata outbound makassar,info outbound makassar,wisata makassar 2021wisata makassar terbaru  wisata makassar maros wisata makassar dekat bandara,   wisata makassar gowahotel makassar murah,hotel makassar dekat bandara,hotel makassar bintang 5,hotel makassar golden,hotel makassar dekat pantai,  hotel makassar beach inn,hotel makassar claro,hotel makassar bintang 4,outbound anak di makassar,outbound di makassar,tempat outbound di makassar,lokasi outbound di makassar,eo outbound di makassar,outbound received on destination makassar,


Disqus
Blogger

Client

  • EO Outbound Tour
  • Berpengalaman di Bidang Outbound dan Wisata sejak tahun 2007
  • Memberikan pelayanan yang maksimal dan profesional
  • Mewujudkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan
  • avatar
    Admin Selamat datang di Kallebos Outbound Tour, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan melalui WhatsApp kami
    Outbound Tour Hai, yang di sana! Boleh Saya Bantu?
    :
    WA